hbo Indo
Join komunikatif.com

Polres Rembang Amankan Tradisi Lebaran Lomba Dayung Perahu Naga

REMBANG – Polda Jateng | Momen Idul Fitri memang menjadi momen sakral untuk menyambung tali silaturahmi. Momen lebaran ini juga dimanfaatkan para nelayan Rembang khususnya yang bermukim di desa Tasikagung bersilaturahmi. Namun tak hanya sekadar berkumpul saja, momen silaturahmi antar para nelayan ini diwujudkan dalam lomba dayung tradisional yang di beri nama Lomba Dayung Kapolres […]

REMBANG – Polda Jateng | Momen Idul Fitri memang menjadi momen sakral untuk menyambung tali silaturahmi. Momen lebaran ini juga dimanfaatkan para nelayan Rembang khususnya yang bermukim di desa Tasikagung bersilaturahmi. Namun tak hanya sekadar berkumpul saja, momen silaturahmi antar para nelayan ini diwujudkan dalam lomba dayung tradisional yang di beri nama Lomba Dayung Kapolres Rembang Cup, Sabtu (20/04/2024).

Kapolres Rembang AKBP Suryadi, S.H., M.H., melalui Kapolsek Rembang Kota AKP Al Sutikna, S.H., M.H. mengatakan kegiatan lomba dayung yang di laksanakan di desa Tasikagung ini merupakan wujud kegiatan silahturahmi antar warga.

“Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya setelah acara sedekah laut/ larung sesaji. Dimana selama satu tahun ini mereka akhirnya bisa saling berkumpul, setelah sehari-harinya melaut bersama kelompoknya masing-masing. Kemudian di momen ini mereka bisa saling bersilaturahmi dengan cara khas mereka sebagai seorang nelayan. Yakni dengan lomba dayung kapolres rembang cup,” terang kapolsek rembang.

Kegiatan lomba seperti ini sangat baik sekali, di tahun-tahun yang akan datang supaya menjadi tradisi masyarakat setempat, ke depannya supaya menjadi event rutin tahunan di aliran Sungai Karanggeneng desa Tasikagung.

Meski awalnya hanya diikuti oleh nelayan desa Tasikagung saja, namun saat ini kepesertaannya semakin meluas, juga diikuti oleh masyarakat kabupaten Blora, Pekalongan, Batang, Surabaya, Semarang serta warga sekitar Rembang sendiri.

Dari beberapa penampilan para peserta pun semakin unik. Tak hanya dibekali dengan skill dayung dan tubuh kekar saja, para peserta juga biasanya unjuk kekompakan lewat seragam dan juga yel-yel penyemangat.

Lomba hari ini diikuti oleh 22 kelompok dayung. Dengan sistem lomba gugur, nantinya tiap kelompok akan memperebutkan juara tiga besar. Para peserta akan dinyatakan maju ke babak selanjutnya jika berhasil mengungguli tim lawan mengarungi saat Sungai Karanggeneng desa Tasikagung dengan rute 300 meter.

Tak hanya jadi event hiburan dan pariwisata, Lomba Dayung Perahu Naga ini pun supaya melahirkan atlet-atlet dayung profesional di Rembang. Supaya melahirkan atlet-atlet yang tak hanya berprestasi di kabupaten Rembang saja tetapi berprestasi di tingkat provinsi ataupun nasional serta internasional.

“Lomba Dayung Perahu Naga seperti ini, event kedepannya agar digelar tiap tahun di Desa Tasikagung” jelasnya.

Semoga tradisi ini akan terlaksana kembali dengan susasana lebih meriah. Jadi, kemana libur lebaranmu? Silahkan jadwalkan untuk melihat Lomba Dayung di Rembang ini tahun depan ya.

Polres Rembang, Kapolres Rembang, AKBP Suryadi, Suryadi, Kompol Joko Lelono, Kabupaten Rembang, Pemkab Rembang, PolisiNgajiPolisiNyantri, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng

Sat Apr 20 2024

Subscribe for the latest from hbo.


hbo
  • Facebook hbo
  • Instagram hbo
  • Linkedin hbo